Emang IPK bisa jadi jaminan?

IPK 4 adalah IPK yang Istimewa yakni Summa Cumlaude, IPK 3,5 keatas adalah prestasi Cumlaude, IPK 2,75 ya biasa saja. Lalu apa jadinya bila IPK kita yang pas-pasan ini menjadi penghalang untuk kita melamar kerja. Okelah temen-temen kita berprestasi dengan IPK 3,sekian keatas, tapi kita gimana mau ngelamar pekerjaan. Coba dulu aku belajar dengan tekun gak mungkin aku dapat IPK pas-pasan seperti ini. no no Jangan larut dalam penyesalan.

Ada suatu hikmah yang menarik dari percakapan antara seorang mahasiswa D3 UGM dengan seorang mahasiswa D3 ITB yang sedang mengikuti training di PT slambersih (diIndonesiakan :D). Mahasiswa D3 UGM ini memiliki indeks prestasi kumulatif sebesar 3,7 anggap saja namanya Suwanto(samaran), dan mahasiswa dari D3 ITB ini memiliki IPK 2,7 sungguh pas byanget bagi Joni(samaran) untuk memenuhi standar penerimaan pegawai di slambersih. Mereka bercakap-cakap tentang termodinamika,

Joni           : Tok kamu sudah ngerjain tugas training yang kemarin belum….
Suwanto : Tugas Siklus oto dan siklus diesel itu ya…, belum aku belum ngerjain…. buku termodinamika q ketinggalan di jogja…
Joni           : Emang kamu gak nguasain….
Suwanto : aku mudeng sih…. tapi dak hapal rumus-rumusnya….
Joni : kan ada internet….. googling aja…..
Suwanto : (ini orang ngapain ngurusin gue) iya tapi aku gag mudeng rumus yang dari internet…
Ujug-ujug Joni nanya(maklum orang ITB itu judes-judes)
Joni           : emang IPK kamu berapa? kok bisa siklus oto aja gak hapal
Suwanto : IPK ku 3,7 (berbangga)
Joni           : waw IPK 3,7 itu kalau di ITB orangnya sangat super sekali, tapi kok kamu sebaliknya
Suwanto : akukan bukan dari ITB aku kan dari UGM,
Joni           : (geleng-geleng trus pergi)

Hikmah-nya adalah Buat apa IPK besar tapi gag bisa dipertanggung jawabkan, buat apa ipk besar kalo ditanya tentang siklus oto saja keok, gak bisa. Malu-maluin UGM saja orang kayak Suwanto(samaran) itu. untung IPK-ku 2,8 jadi posisiku aman untuk dicemooh oleh anak ITB. Lalu bangaimana dengan kita yang memiliki IPK pas-pasan atau di bawah standar ini yang ingin bertarung dalam penerimaan Pegawai perusahaan bunafit?. Pertanyaan yang panjang ini akan saya jawab dengan cerita teman saya yang bernama Riski(samaran), memiliki ipk 2,7 tetapi ketrima di PT. AHM (Astra Honda Motor).

Riski (nama samaran) adalah anak seorang pedagang muslim di Cirebon. Ayah dan Ibunya keturunan Tionghoa, keluarga mereka broken home karena ayahnya murtad.  Riski adalah adalah anak yang nakal, becandaan terus tapi tak jarang kalau melihat ia serius ya dia serius, tapi ia pethuk(gubluk) dalam hal pelajaran, mengapa riski kok bisa gubluk ya karena ia salah jurusan, ia dari IPS tapi kuliah di Diploma mesin (nyambung?). Belum lama ini ia mengikuti seleksi penerimaan karyawan Astra tepatnya AHM, yang menakjubkan Ia lolos sampai dengan tes terakhir yakni medical chek-up.

Sebelum tes medical check-up Ia telah lolos dari tes Neraka, yakni Wawancara dari 3 bos di Astra dan 1 psikolog. Satu pertanyaan pamungkas dari pewawancara bisa dijawab oleh Riski. Pertanyaannya adalah “Kamu punya IPK 2,sensor , mengapa kami harus menerima kamu….?” Riski menjawab “Memang kalau dilihat dari IPK saya bodoh, tapi saya punya semangat pak!!, saya lulusan jurusan IPS di SMA.  IPS dengan Mesin memang gak nyambung pak! tapi saya punya semangat untuk menyelesaikan kuliah saya ” . Jawaban yang sungguh bermutu ha ha ha ha. Walaupun Ia bodoh dalam akademik tapi tekad dan semangatnya mengalahkan apapun… salut saya buat Riski. Akhirnya salah seorang bos itu memberikan kontrak padanya bahwa ia harus lulus kuliah bulan Agustus (sekarang bulan Maret). Waw mantab lulus kuliah bisa langsung kerja.Inilah gambaran bagi kita bahwa IPK bukanlah segalanya. Janganlah mengejar IPK tapi kejarlah untuk paham. Apabila dalam tulisan saya ini terdapat kesamaan nama saya mohon maaf karena nama-nama dalam tulisan ini adalah nama yang disamarkan. Bangunkan dirimu dengan tekat dan kerjakanlah dengan semangat .

Semoga Bermanfaat

Iklan


  1. siiiiip…….

  2. :3

  3. super sekaliii…

  4. dengan anda membuat artikel seperti ini, berarti anda sedang menjelek-jelekkan temen dan anda sendiri. dengan kata lain, temen anda yang dapet ipk 3 lebih saja ditanya tentang siklus oto aja gak bisa, apalagi anda yang juga kuliah di ugm dengan ip di bawah 3.

balas / jawab

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Arsip


%d blogger menyukai ini: