“Sumatra PDF” Software Alternatif

sum-shot-03-full

Sumatra PDF adalah software Open Source (Lisensi Gratis), dibuat oleh sekawanan orang Rusia, Krzysztof Kowalczyk, Adam Hunt ,dkk. Nama “Sumatra” tertuju pada pulau terbesar ke-6 di Dunia, nama sebuah wilayah di Florida dan nama salah satu varietas kopi. Namun nama sumatra tidak terinspirasi pada ketiga hal itu. Adam Hunt bilang “There’s no particular reasoning behind the name”. Dan “Just random” kata Krzysztof dalam website-nya.

Sumatra PDF hanya diperuntukkan sistem operasi windows. Support untuk windows XP, 7, dan 8. Dibandingkan dengan Adobe PDF Reader, Sumatra PDF tergolong software yang cukup ringan bahkan jauh lebih ringan. File Installer-nya hanya sebesar 4,4 MB jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Adobe yang file installer-nya 36,8 MB.

Namun memang, feature yang ada padanya sangat minimalis. Feature-feature-nya yakni zoom, print, pencarian kata, setting bahasa, page list, fit-width, dan fullscreen. Kalau kebutuhan kita hanya ingin membuka dan membaca file berbentuk PDF saja, maka Sumatra PDF cocok sekali sebagai pilihan anda.

Selain file PDF, ianya juga dapat membuka file berbentuk .ePub, .MOBI, .CHM, .XPS, dan .DjVu. Sangat praktis dan tidak makan banyak memori RAM serta bisa buka ebook dengan berbagai bentuk file. Bagi anda yang tertarik untuk meng install silahkan download di sini.

Semoga Bermanfaat

Iklan

About this entry